KUPU_KUPU YANG LUCU

Suatu ketika terdapat seorang pemuda ditepian danau. Ia tampak termenung. Tatapn matanya kosong menatap hamparan air didepannya. Seluruh penjuru mata angin telah dilewatinya, namun tak satu pun titk yang membuatnya puas. Kekosongan makin senyap, sampai ada suara yang menyapanya. Ada orang lain disana.
"sedang apa kamu disini anak muda ? tanya seseorang. Rupanya ada seorang kakek ."apa yang sedang kamu risaukan ?".Anak muda itu menoleh kesamping.
Aku lelah, pak tua .Telah berkilo-kilometer jarak yang kutempuh untuk mencari kebahigiaan, namun tak juga kutemukan rasa itu dalam diriku. Aku telah berlari melewati gunung dan lembah, tetapi tak ada tanda kebahagian yang hadir dalam diriku. kemanakah aku harus mencarinya? bilakah kutemukan rasa itu ?
Kakek duduk menghampiri pemuda tersebut, mendengarkan dengan seksama. dipandangnya wajah lelah didepanya. lalu kakek itu mulai berbicara ,"Didepan sana ada sebuah taman. jka kamu ingin menjawab pertanyaan mu, tangkaplah seekor kupu-kupu untukku dengan tanagn mu sendiri,".
Perlahan pemuda itu bangkit. langkahnya pelan menuju taman. tak berapa lama dijumpainya sebuah taman nan elok, bunga bermekaran dan banyak sekali pohon rindang yang teduh .Tak heran banyak kupu-kupu yang berterbangan kesan kemari. sedangkan sang Kakek mengamati dari kejauhan memperhatikan tingkah yang diperbuat pemuda yang gelisah itu.
Anak Muda itu mulai bergerak.Denagn mengendap-ngendap, ditujunya sebuah sasaran. Perlahan namun ,hap! Kupu-kupu itu luput. Dikejarnya Kupu-kupu itu kearah lain. Ia tak mau kehilangan Buruannya .namun lagi dan lagi semua sasarannya luput .Ia gagal. Merasa Frustasi ia mulai berlari tak beraturan, diterjangnya sana sini. Ditabraknya rerumputan dan tanaman untuk mendapatkan kupu-kupu itu. Diterobosnya semak dan perdu dan gerakannya semakin liar.
Adegan tersebut terus berlansung namun tak satu kupu-kupu pun yang dapat ia tangkap. Pemuda itu pun mulai kelelahan, napasnya memburu ,dadanya bergerak naik turundengan cepat.sampai akhirnya ada teriakan,"Hentikan anak muda. Istirahatlah ."Tampak sang Kakek berjalan perlahan.Tapi seketika itu tampak sekumpulan kupu-kupu berterbangan mengitarinya. mereka berterbangan dengan tenang dan sesekali hinggap diatas tubuh tua dan renta itu.
Begitukah cara mu mengejar kebahagiaan ? berlari dan menerjang ..menabrak tanpa tentu arah tanpa memperdulikan apa yang telah kahancurkan.?" kakek itu menatap tajam kePemuda itu dan berkata "nak mencari Kebahagiaan itu layak menangkap kupu-kupu. semakin kamu mengejarnya semakin ia menjauh dari mu .semakin Ia diburu semakin ia pergi darimu.
Jadi apa yang harus aku lakukan ?"tanya pemuda itu Nah, tangkaplah kupu-kupu itu dalam hatimu. karena kebahagiaan itu bukan benda yang dapat kau genggam dan kau simpan.carilah kebahagiaan itu dalam hatimu dan rasakan dalam kalbumu. Ia takan lari kemana-mana. Bahkan tanpa kau sadari kebahagiaan itu sering datang dengan sendirinya.
lelaki tua itu mengangkat tangannya hap tiba-tiba kupu-kupu itu mengepakan sayapnya memancarkan debu sayapnya dan memancarkan keindahan ciptaan Tuhan, pesonanya begitu mengagumkan  layaknya kebahagiaan yang lahir dari hati.Warnanya begitu Indah  seindah kebahagiaan bagi mereka yang mampu menyelamainya.
Mencari kebahagiaan adalah layak menangkap kupu-kupu bagi mereka yang terlalu bernapsu akan merusak bentuk dari kebahagiaan mereka sendiri .mereka akan dikuasai ketamakan dan membutakan mata hati mereka sendiri.mungkin mereka bisa mendapatkannya tetapi mereka tidak bisa merasakan kebahagiaan sejati.
namun kita belajar bahwa kebahagiaan tak bisa di dapat dengan cara-cara seperti itu. Kita belajar bahwa kebahagiaan adalah aroma dari udara.dan bahagia adalah udaranya.
cobalah temukan kebahagiaan itu dalam hatimu biarkan rasa itu menetap dan abadi dalam hatimu.
Temukan kebahagiaan itu  itu dalam setiap langkah yang kita lakukan. dalam bekerja, belajar dalam menjalani hidup kita. dalam sedih dalam gembira dalam sunyi dan dalam riuh. temukan bahagia itu dengan perlahan dalam tenang dan dalam ketulusan hati kita.
Kita percaya bahwa bahagia itu ada dimana-mana.Rasa itu ada disekitar kita>bahkan mungkin hinggap dihati Kita namun kita tak pernah memperdulikannya.mungkin juga kebahagiaan itu berterbngandisekitar kita namun kita terlalu acuh untuk menikmatinya.\
 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 • kisah inpirasional tentang cinta dan kegilaan • Design by Dzignine